Apa Itu Mapel PKK?

 Produk Kreatif dan Kewirausahaan merupakan bidang mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan termasuk kedalam Kompetensi Keahlian C3 yang dipelajari dikelas XI dan XII pada jenjang SMK sesuai keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2007. 

Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kurikulum 2013 Revisi, peserta didik harus mencakup aktifitas dan materi pembelajaran yang secara utuh dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menciptakan karya nyata, menciptakan peluang pasar, dan menciptakan kegiatan nyata yang bernilai ekonomi dari produk dan pasar tersebut. Pembelajarannya dirancang berbasis aktifitas terkait dengan sejumlah ranah karya nyata, dengan contoh-contoh yang sesuai untuk peserta didik Kelas XI dan Kelas XII di SMK.

Sebagai bagian masyarakat dunia, globalisasi tak terhindarkan. Kawasan pasar bebas atau Free Trade Area (FTA) dan kemajuan di era Revolusi Industri 4.0 semakin mempercepat arus perubahan. Dibutuhkan adaptasi tinggi lulusan SMK memasuki pasaran kerja. 

Apa itu Mata Pelajaran PKK? Adalah mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan dimana mapel ini adalah mapel baru di mulai tahub 2017. Mapel PKK mengharuskan ada produk yang didesain berdasarkan kreatifitas siswa, Didukung dengan pembelajaran abad 21 seperti kreatif,critical thinking skill,komunikatif dan kolaboratif.

Seberapa penting mapel PKK? Mapel PKK bukan sekedar mapel yang lalu ( Kurikulum KTSP) yaitu KWU Kewirausahaan , melainkan sudah termasuk dalam mapel Kompetensi Keahlian C3 . 

Mengapa mempelajari pelajaran produktif dan kewirausahaan? Karena smk lebih cenderung mengarah kejenjang langsung yaitu pekerjaan, rata rata siswa siswi lulusan smk berkerja tanpa melewati masa kuliah. makanya pada masa masa smk mereka membutuhkan materi tersebut untuk menuju tujuan masing masing.


Tujuan Pembelajaran

Adapun Tujuan Pembelajaran Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK adalah:

1. Mewujudkan Link and Match sekolah dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DU/DI)

2. Merubah paradigma dari push (mendorong) menjadi pull (mencari) artinya mengubah paradigma SMK yang dulunya hanya mendorong untuk mencetak lulusan saja tanpa memperhatikan kebutuhan pasar kerja berganti menjadi paradigma mencari segala sesuatu yang berhubungan dengan pasar kerja. Mulai dari budaya kerja dan kompetensi yang diperlukan dalam pasar kerja

3. Mengubah pembelajaran dari supply driven ke deman driven lulusan SMK,terhadap perubahan dunia untuk menjadi lulusan yang dapat bekerja,melanjutkan atau berwirausaha. Alhasil lulusan hendaknya siap bekerja


Materi Yang Dipelajari

BAB 1

SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA

BAB 2

MENGANALISIS PELUANG USAHA

BAB 3

MENGANALISIS KEBUTUHAN SUMBERDAYA USAHA

BAB 4

SISTEM PRODUKSI PRODUK USAHA

BAB 5

PRODUKSI LAYANAN USAHA

BAB 6

MEDIA PROMOSI ONLINE

BAB 7

PEMASARAN PRODUK USAHA

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAJEMEN PERGUDANGAN

Alur Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru dan Pindahan SMK Industri Kreatif

Produk Cilok Kuah